CERITA SINGKAT HIDUP GW SETELAH LULUS KULIAH

Hi, apakabar kalian? lama banget gw nggak pernah cek blog gw sendiri terakhir tahun 2015, lama banget ya .
Gw mau ceritain perjalanan hidup gw setelah gw lulus kuliah kebidanan. Banyak banget prosesnya buat gw diwisuda, dan itu ribetnya parah. 19 Oktober 2017 gw sah dapet ijasah dari kampus. Pecah telor, lega karna tanggung jawab gw udah kelar, yah walaupun wisuda gw molor setahun gara-gara ASKEB (Asuhan Kebidanan). 3 hari setelah gw wisuda, gw langsung masuk kerja. Tebak deh gw kerja dimana? rumah sakit mana atau klinik mana? Yaaa, gw nggak kerja sebagai bidan sesuai background pendidikan gw. Gw kerja di salah satu Perusahaan Kontraktor Properti di kota ini. Susah banget gengs nyari kerja dengan title amd.keb, banyak perusahaan yang ragu sama kemampuan anak kesehatan. mungkin yang mereka pikir anak kesehatan itu nggak punya passion dan skill di dunia perkantoran. yang mereka tau ya kayaknya cuma periksa pasien, bantuin ibu-ibu lahiran, kasih obat ke pasien. Hhmmm, kalian salah besar, ngga semua anak kesehatan nggak punya skill di dunia perkantoran kok, ya asal mau belajar. Awalnya gw ditolak beberapa perusahaan, pernah gw baru interview se kali doang udah langsung ditolak wkwkw, tapi ada juga yang gw sampe wawancara user gagal karna doi tau gw amd.keb. Disitu gw hopeless, tapi gw nggak boleh nyerah gt aja, karna gw harus bisa buktiin kalo selesai gw kuliah harus langsung dapet kerjaan. Alhamdulilah, Allah denger doa gw. Ketrima dong gw di tempat kerja gw sekarang. Banyak banget ilmu baru yang gw dapet diperusahaan ini, dari mulai keuangan, administrasi, ilmu hukum, sampai dengan pelayanan konsumen (ya kalo pelayanan sih nggak jauh beda sama pas gw magang ya, memberi pelayanan ke pasien) jadi bisalah gw asah skill gw disini. Awal gw kerja, orang tua gw nggak dukung sama sekali pekerjaan gw karna mereka pikir gw kan bidan, sekolah mahal masa ijasah nggak dipake. Yaa, gw tau sih maksut ornag tua gw, tapikan disini gw udah lepas dari orang tua yang apa-apanya sekarang harus gw tanggung sendiri, nggak mungkin gw minta-minta lagi sama kayak jaman kuliah dulu. Kenapa gw nggak kerja jadi bidan ? lo mau tau kenapa?
  1. Hasil ukom gw belum keluar, dan nggak tau tuh gw lulus apa nggak. Iya kalo lulus, alhamdulilah, kalo enggak gw ulang lagi tahun depan sisteurrr. Tapi alhamdulilah gw LULUS
  2. Karna daftar kerjaan di RS/Klinik itu harus pake STR, maka gw memutuskan untuk cari kerjaan diluar bidang yang bisa tanpa STR.
  3. Gw nggak mau buang2 waktu buat nunggu hasil STR gw, kalo gw bisa kerja di bidang lain, why not?
  4. Kalo gw nekat kerja di klinik tanpa STR, gaji gw nggak seberapa sisteur, under 1Jt, sedangkan gw disini merantau. Ibarat kata anak ayam udah lepas dari induknya, dy harus bisa cari makan sendiri dan memenuhi kebutuhannya sendiri.
  5. Sekarang praktek sendiri dirumah nggak segampang bidan jaman dulu, semakin kesini semakin ketat karna mortalitas dan morbiditas tinggi. Lo nggak bakalan se tajir bidan-bidan jaman dulu, kecuali lo tajir dari lahir dan lo bisa bangunin klinik buat bidan2 dan dokter, jadi lo pemilik kliniknya. Ibaratnya tu lo siapin lahan buat mereka,
Nah, disitu gw harus mulai realistis. Iyasih sayang banget ijasah gw nggak kepake, tapi gimana lagi dong. Hidup gw itu ya gw yg nentuin, bukan orang lain. Awal2 gw kerja berat banget apa-apa sendiri gaji masih belum stabil selama 3 bulan (training), tapi setelah training kelar alhamdulilah pelan-pelan gw udah bisa backup diri gw sendiri. Dan orang tua gw tetep maksa gw kerja jadi bidan, beban banget buat gw karna gw terus terusan tiap tlp yg dibahas itu mulu. Selang setahun pas lebaran 2018, orang tua gw mulai kebuka hatinya kalo rejeki anaknya itu nggak selalu sesuai dengan pendidikannya. Gw banyak belajar tentang hidup itu harus memilih dan hidup itu harus selalu diperjuangkan. Selama lo masih bisa berdiri, lo sehat jangan pernah lo sia-siain waktu lo buat hal-hal yang nggak penting. Do your best, orang lain cuma mau tau output lo doang, tapi mereka nggak pernah mau tau input lo gimana. Mereka taunya lo hidup enak serba ada, padahal mereka nggak tau perjalanan hidup lo gimana selama ini. Ntah itu akhir bulan lo makan nasi garem sama minum air putih doang, atau lo selalu cari wifi gratisan biar irit karna beli kuota nggak murah.
Semakin gw dewasa, semakin banyak masalah hidup yang gw temui, nggak cuma gw temuin malah, tapi juga gw alami. Malasah hati, apalagi gagal nikah. Itu tuh yang bikin kadang cewe jadi down. 
Segini dulu ya cerita gw, besok gw lanjutin

Noted: Buat kalian yang bekerja diluar bidang pendidikan kalian, jangan hopeless. Masih banyak kemampuan kalian yang belum kalian explore, tunjukin kalo kalian mampu bersaing!










Komentar

Postingan Populer